Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Prinsip-Prinsip Geografi Beserta Contohnya

In Pendidikan, SMA/MA 6232 views

Prinsip-prinsip geografi beserta contohnya. Setiap bidang ilmu memiliki konsep dan prinsip tersendiri, meskipun seringkali terdapat kesamaan prinsip antara beberapa bidang ilmu. Prinsip suatu ilmu digunakan sebagai dasar atau landasan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dengan memahami karakteristik yang dimiliki dan keterkaitan fenomena tersebut dengan permasalahan-permasalahan yang lain. Pada batasan prinsip geografi terdapat adanya prinsip yang dipergunakan dalam mempelajari ilmu geografi. Prinsip prinsip geografi ini menjadi dasar pada uraian, pengkajian dan pengungkapan gejala, faktor, variabel serta masalah geografi. Prinsip-prinsip geografi yang dimaksud adalah (1) Prinsip distribusi, (2) prinsip interelasi, (3) prinsip deskripsi, dan (4) prinsip korologi.

prinsip prinsip geografi dan contohnya

4 Prinsip Geografi dan Contohnya

1. Prinsip Distribusi (Penyebaran)

Prinsip yang pertama yang digunakan untuk mengkaji gejala dan fakta geografi adalah prinsip distribusi atau prinsip penyabaran. Geografi menganut prinsip ini karena adanya persebaran fenomena geografi yang tidak merata di bumi ini. Fenomena tersebut dapat berupa bentangan alam, manusia, hewan, dan tumbuhan.

Tugas geografi memberikan gambaran tentang penyebaran fenomena dan penyebab kejadiannya. Dengan memperhatikan penyebaran suatu fenomena yang terjadi, pengungkapan persoalan yang berkenaan dengan fenomena tersebut dapat terarah dangan baik. Penggunaan penyebaran juga dapat mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan fenomena yang lain secara menyeluruh.

Contoh: penyebaran potensi air dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya, penyebaran polusi udara, penyebaran limbah cair dalam tanah, dsb.

2. Prinsip Interelasi (Keterkaitan)

Prinsip interelasi adalah mengurai suatu hubungan yang saling terkait dalam ruang antara gejala satu dengan gejala yang lain. Hubungan ini dapat terjalin antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, serta manusia dengan alam. Contoh berikut menunjukan bahwa fenomena dan kejadian dalam ruang atau wilayah tertentu terkait dengan fenomena lainnya yang saling mempengaruhi.

Contoh prinsip interelasi antara lain adalah vegetasi pohon pinus dapat tumbuh subur di daerah yang dingin, dan tanaman teh akan tumbuh subur jika ditanam dengan kondisi lahan tertentu.

3. Prinsip Deskripsi (Penggambaran)

Prinsip deskripsi merupakan penjelasan mengenai gejala-gejala yang dipelajari, atau dengan artian lain menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah pola penyebaran suatu fenomena dan keterkaitannya dalam suatu ruang. Deskripsi dalam kajian geografi selain disajikan dengan tulisan perlu di lengkapi dengan “peta, diagaram, grafik, tabel, dan gambar” agar memberikan suatu deskripsi yang jelas baik secara sederhana maupun tingkat analisis.

4. Prinsip Korologi

Prinsip korologi adalah gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip diatas (distribusi, interelasi, dan deskripsi). Prinsip ini melihat pemasalahan dan gejala geografi dari sudut pandang persebaran, interelasi dan interaksinya dalam suatu wilayah atau ruang dengan karakteristik tertentu. Prinsip ini menekankan pada masalah, fakta dan analisisnya merujuk pada keterkaitan gejala dan proses geografi yang terjadi pada wilayah tertentu.

Prinsip ini akan memberikan karakteristik terhadap kesatuan gejala sehingga merupakan prinsip yang penting dalam analisis geografi. Hal ini merupakan pokok dalam analisis geografi yang dikenal dengan prinsip region. Region adalah suatu wilayah yang memiliki karakteristik tertentu yang berbeda dengan region-region lainnya.

Tags: #geografi #pengenalan geografi #slta geografi #slta geografi 10

author
Pelajar di SMAN 1 Welahan. Saya menjajaki dunia internet sembari mengumpulkan materi untuk berlajar. Semoga bermanfaat ilmunya.
No related post!

Leave a reply "Prinsip-Prinsip Geografi Beserta Contohnya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top