Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Internet dan Sejarah Internet

In Pendidikan, SMP/MTs 1595 views

pengertian internet dan sejarah perkembangan internet

Pengertian Internet dan sejarah perkembangan internet. Sekarang ini internet menjadi hal yang tidak asing dan bahkan menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat sekarang, baik dalam hal mendapatkan atau berbagi informasi serta dalam hal berkomunikasi seperti memanfaatkan media sosial contohnya instagram, facebook, bbm, whatsapp, dan lain-lain.

Pengertian Internet dan Intranet

Istilah internet berasal dari bahasa latin yaitu inter yang memiliki arti “antara”, secara arti kata berarti “jaringan antara” atau “penghubung”. Lalu, apa yang dimaksud dengan internet?

Terdapat banyak sekali definisi internet atau pengertian internet menurut beberapa ahli. Admin menyimpulkan pengertian internet adalah singkatan dari interconnected network, yaitu suatu sistem yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) sebagai protokol pertukaran data (packet switching communication protocol). Dengan adanya internet kita bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan baik berupa tulisan, gambar, audio, maupun video.

Selain internet, terdapat juga sebuah sistem komunikasi jaringan yang bersifat lokal yakni intranet. Intranet (Intraconnected Netword) merupakan pengembangan dari LAN (Local Area Network) dengan mengadopsi teknologi internet. Intranet biasanya digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dll.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer pada jaringan komputer atau internet. Semua komputer yang terhubung berkomunikasi dengan protokol TCP/IP. TCP berfungsi untuk mengatur transmisi data antara satu komputer dengan komputer yang dituju. TCP melakukan transmisi data dengan memecah paket-paket data dan dikirim satu persatu sampai selesai. Agar paket data sampai ke alamat yang benar, TCP menyertakan nomor seri tertentu yaitu IP (Internet Protocol) sebagai tanda pengenal bagi komputer pengirim dan penerima.

Sejarah Perkembangan Internet

Berikut ini merupakan sejarah perkembangan internet secara singkat yang telah admin kumpulkan dari berbagai sumber. Pada awalnya, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) pada tahun 1969 yang kemudian diputuskan untuk melakukan riset atau penelitian tentang cara menghubungkan sejumlah komputer, riset ini dikenal dengan nama ARPANet. Tim ini berhasil menghubungkan beberapa komputer berbasis sistem operasi UNIX menggunakan saluran telepon kemudian merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan besaran data yang dapat dikirim dari komputer satu ke komputer yang lain. Jaringan pertama yang dibangun menghubungkan 4 tempat, yaitu (a) University of California Los Angeles, (b) University of California Santa Barbara, (c) University of Utah, dan (d) Stanford Research Institute.

Tahun 1972, Roy Tomlinson menyempurnakan program E-Mail yang telah ia ciptakan pada tahun sebelumnya untuk ARPANet dengan memperkenalkan ikon @ sebagai lambang penting yang berarti “at”.

Tahun 1973, jaringan ARPANet mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. University College di London merupakan komputer di luar Amerika pertama yang terhubung pada jaringan ARPANet.

Tahun 1979, Tom Truscott, Steve Bellovin dan Jim Ellis membuat NewsGroups pertama yang dinamakan USENet.

Tahun 1982, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mulai digunakan sebagai sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.

Tahun 1982, di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan EUNet yang menyediakan jasa E-Mail dan NewsGroups USENet.

Tahun 1984, diperkenalkan sistem nama domain yang sebelumnya hanya menggunakan nomor seri (IP/ Internet Protocol) yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di internet.

Tahun 1986, NSFNet (National Science Foundation Network) dibangun dengan kecepetan backbone 56 Kbps. Banyak jaringan internasional mulai dibangun pada beberapa negara dan dihubungkan dengan NSFNet.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia membuat dan memperkenalkan program untuk chatting yaitu IRC (Internet Rekay Chat).

Tahun 1989, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan telah lebih dari 100.000 komputer yang membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1990, Timothy Berners Lee merupakan seorang ahli komputer yang menciptakan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan lainnya yang membentuk jaringan. Program ini dikenal sebagai WWW atau singkatan dari World Wide Web.

Tahun 1990, DoD (Departement of Defence) membubarkan ARPANet.

Tahun 1992, komputer yang saling terhubung ke jaringan sudah melampaui 1 juta komputer lebih, ditahun ini pula muncul istilah Surfing pada internet. Baca: Istilah-istilah dalam internet

Tahun 1994, pertama kali ada virtual-shopping atau e-retail muncul di internet, pizza hut online merupakan salah satu contohnya. Di tahun ini Yahoo! (Mesin pencari pertama) dan Netscape Navigator didirikan.

Tahun 2001, internet mendapatkan QOS atau Quality of Service untuk suara dan video. Sampai sekarang layanan kualitas dan keamanan internet terus ditingkatkan.

Sejarah internet di Indonesia

Berikut adalah sejarah internet di Indonesia yang telah admin rangkum dari Wikipedia. IP (Internet Protocol) pertama dari Indonesia adalah 192.41.206/24 yang merupakan milik UI-NETLAB Universitas Indonesia pada 24 Juni 1998. Diantara tahun 1992-1994 terdapat beberapa nama yang dikenal sebagai orang-orang yang turut membangun internet di Indonesia, diantaranya RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto dan Onno W Purbo. Tahun 1994 IndoNet mulai beroperasi yang merupakan ISP (Internet Service Provider) atau “penyedia layanan internet” komersial pertama di Indonesia.

Tags: #internet #sltp tik #sltp tik 9

author
Pend. Teknik Informatika & Komputer (2012) Universitas Negeri Semarang. Saya adalah seorang Web Developer. Semoga website ini bisa berkembang dengan pesat serta memberikan manfaat kepada pembaca.
Protokol Jaringan Komputer
Protokol Jaringan Komputer
Protokol jaringan komputer. Bentuk komunikasi data antar
Model Komunikasi Data
Model Komunikasi Data
Model komunikasi data, komunikasi dalam jaringan. Komunikasi
Keunggulan Internet pada Bidang Teknologi
Keunggulan Internet pada Bidang Teknologi
Keunggulan internet. Setelah pada artikel kemarin admin
Dampak Negatif Internet Bagi Penggunanya
Dampak Negatif Internet Bagi Penggunanya
Dampak negatif internet bagi penggunanya. Setelah sempat
Manfaat Internet di Berbagai Bidang
Manfaat Internet di Berbagai Bidang
Apa manfaat internet? Internet merupakan suatu teknologi
Istilah istilah dalam Internet
Istilah istilah dalam Internet
Istilah istilah dalam internet. Pada artikel berikut

Leave a reply "Pengertian Internet dan Sejarah Internet"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top