Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengatasi VGA GPU dan VRAM Unable Tidak Terdeteksi pada Game PES 2018

cara mengatasi VGA GPU dan VRAM unable tidak terdeteksi pada PES. Pro Evolution Soccer merupakan salah satu game sepak bola yang dikembangkan oleh KONAMI dan paling banyak digemari di dunia. Setiap tahun PES selalu merilis game terbarunya dari yang paling banyak dipakai adalah PES 6 yang setingkat dengan PS 2, kemudian PES 2013 yang setingkat dengan PS 3, dan yang terbaru adalah PES 2015, 2016, 2017 dan baru-baru ini telah dirilis PES 2018 yang setingkat dengan PS 4. Kekurangan dari PES adalah tidak memiliki lisensi dari liga-liga besar di dunia yang sudah dikuasai oleh FIFA maka untuk mencari updatenya juga cukup sulit dan data yang besar.

Setiap kali ditunggu-tunggu peluncurannya biaanya terdapat permasalahan yang mungkin membuat bingung para penikmat PES ini seperti bingung mengatur atau memunculkan nama pemain, PES mengalami force close, dan seperti artikel berikut admin akan membahas mengenai cara mengatasi VGA GPU dan Vram Unable atau tidak terdeteksi pada PES. Ketiga permasalahan di atas setidaknya telah banyak dialami pada serie PES 2013 sampai 2017 dan tidak menutup kemungkinan untuk PES 2018 yang baru-baru ini telah dirilis. VGA atau VRAM unable biasanya terjadi pada laptop maupun komputer yang menggunakan dual VGA seperti Intel HD+ATI Radeon maupun Intel HD+nVidia.

Catatan: Bagi pengguna vga (tunggal) intel HD, vga intel (tersebut) memang tidak terdeteksi baik Unable maupun (N/A) Not Available, untuk PES 2013-2015 masih bisa digunakan sedangkan untuk PES 2016 dan seterusnya admin belum pernah mencobanya.

 

Cara Mengatasi VGA GPU dan VRAM Unable Tidak Terdeteksi pada Game PES 2018

Admin menggunakan tiga cara atau metode untuk mengatasi vga yang tidak terdeteksi pada PES dan akan selalu admin update jika ada pembaruan.

Cara 1. Setting Control Panel VGA

Cobalah untuk menyesuaikan settingan pada control panel VGA anda baik yang menggunakan nVidia maupun radeon. Berikut adalah settingan untuk nVidia, bagi pengguna Radeon bisa menyesuaikan.

1. Buka nVidia Control Panel – Manage 3D Setting – Program Setting.

2. Untuk Program Setting bisa disesuaikan seperti berikut.

pes vga unable tidak terdeteksi

nVidia Control Panel

  1. Select the prefered graphics… (Pilih nVidia).
  2. Select a program to customize (pilih Setting.exe & PES2018.exe) kemudian pilih add.

3. Pilih Apply.

Catatan:

  1. Berlaku untuk PES 2015 – PES 2018.
  2. Untuk versi PES disesuaikan dengan yang digunakan.
  3. Hanya untuk Dual VGA, tidak berlaku untuk VGA Intel Tunggal.

 

Cara 2. Menggunakan DirectX VGA

Untuk cara ini, admin sendiri cukup bingung karena ada yang berhasil ada juga yang gagal dan bisa juga berakibat crash pada game PES-nya, tapi tenang admin akan memberikan tips dan langkah agar terhindar dari kerusakan.

1. Download dulu file yang dibutuhkan. [DXVGA] Password: omahpustaka.

2. Extract file yang telah didownload tadi. Anda akan mendapatkan 4 file yang berekstensi (*.dll) yaitu:

  1. d3d9.dll
  2. d3d9_enb.dll
  3. dsound.dll
  4. dxgi.dll

3. Buka direktori tempat anda menginstal game pes, misalnya C:\Program files\Pro Evolution Socces 201X. Silahkan backup file yang memiliki nama sama seperti 4 file diatas (kemungkinan hanya 2-3 file yang sama). Langkah ini sangat penting, karena jika crash anda tidak perlu menginstal ulang gamenya, cukup me-restrore dengan file yang telah anda backup.

4. Copy file “dsound.dll” pada direktori game anda dan silahkan mencoba cek Setting.exe apakah masih Unable atau Not Available (N/A).

5. Jika masih gagal silahkan copy ke empat file yang di download tadi ke direktori game anda dan coba cek lagi pada Setting.exe.

Catatan:

  • Berlaku untuk PES 2015 – PES 2018
  • Jangan abaikan proses backup file karena segala resiko ditanggung sendiri

 

Cara 3. Menggunakan DXCPL

Dxcpl itu seperti aplikasi sederhana untuk mengintegrasikan antara VGA dan Game. Untuk dxcpl memang baru viral pada pes versi yang baru, sedangkan yang lama belum pernah dicoba.

1. Download dulu file yang dibutuhkan. [DXCPL] Password: omahpustaka.

2. Extract file yang telah didownload tadi.

3. Buka dxcpl.exe (Run as administrator) kemudian pilih “Edit List…

pes vga unable tidak terdeteksi

DXCPL

4. Setting seperti berikut.

pes vga unable tidak terdeteksi

DXCPL Create List

  1. Pilih “” seperti yang ditunjukkan angka 1.
  2. Pilih direktori/ tempat instalasi game PES kemudian pilih PES 2018.exe dan Setting.exe. (disesuaikan dengan versi PES-nya).
  3. Pastikan pada List of processes or folders sudah tampil seperti pada gambar.
  4. Pilih OK.

5. Setting dxcpl bagian “Device Settings”seperti pada gambar berikut.

pes vga unable tidak terdeteksi

DXCPL Device Setting

  1. Feature level limit dari None ubah menjadi 11_1.
  2. Force WARP dicentang.
  3. OK atau Apply.
  4. Kemudian tutup aplikasi dxcpl ini.

6. Jalankan Setting.exe dan ubahlah setting VGA dari Low menjadi Medium atau High.

pes vga unable tidak terdeteksi

7. Lihat pada tab Spesification apakah masih unable (N/A) atau sudah terdeteksi. Jika yang terdeteksi intel dengan keterangan Bad itu tidak masalah, meskipun Bad tetapi sudah terdeteksi.

vga gpu dan vram unable tidak terdeteksi

 

Catatan

  • Dxcpl.exe hanya untuk windows 64bit. Atau jika ingin mencoba 32bit juga silahkan karena ukuran file juga sangat kecil untuk didownload.
  • Berlaku untuk PES 2017 dan PES 2018

 

Setting Agar VGA yang Terdeteksi adalah nVidia bukan Intel

Sebenarnya tidak terlalu masalah jika yang terdeteksi adalah intel, selama statusnya bukan Unable (N/A) meskipun Bad tidak masalah. Mungkin beberapa masih kurang mantep, berikut admin tambahkan tips dari pengunjung [bernama Ilham Barokah] yang komentar di blog admin.

  1. Klik kanan pada desktop.
  2. Pilih nVidia Control Panel.
  3. Manage 3D Settings.
  4. Pada global settings bagian Prefered Graphics Processor pilih “High-Performance NVIDIA Processor”.
  5. Pilih Apply.

Atau

  1. Select a program to costumize.
  2. Pilih PES 2017 (sesuaikan dengan game yang anda gunakan).
  3. Select the prefered graphics processor pilih Use Global Setting.
  4. Pilih Apply.

Catatan:

  • Mungkin cara ini bisa digunakan untuk game lain seperti Crysis 3, Call of Duty, dan lainnya.

Admin adalah pengguna dual VGA yaitu Intel dan Radeon, namun kebanyakan yang mengalami masalah adalah intel+nVidia. Jadi pada artikel ini sebenarnya fokus pada permasalahan Intel+nVidia tidak terdeteksi pada pes, jika ada permasalahan bagi pengguna radeon tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jika masih belum berhasil pada beberapa cara diatas meskipun telah dicoba berulang kali, cobalah untuk memperhatikan beberapa point penting dibawah ini.

  1. Menginstal driver Chipset dan driver VGA terbaru.
  2. Pastikan spesifikasi komputer/laptop memenuhi.
  3. Pastikan menggunakan VGA Radeon/nVidia, bukan intel HD 3000/ intel HD 4000. (admin kurang tau spesifikasi vga intel terbaru).

Sekian artikel tentang cara mengatasi vga gpu dan vram unable tidak terdeteksi pada game PES 2015 sampai Game PES 2018. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan pada kolom komentar dan centang untuk mendapatkan pemberitahuan.

Tags: #game #pes #pes 2018 #vga unable

author
Pend. Teknik Informatika & Komputer (2012) Universitas Negeri Semarang. Saya adalah seorang Web Developer. Semoga website ini bisa berkembang dengan pesat serta memberikan manfaat kepada pembaca.
No related post!
  1. author

    alek1 year ago

    Thanks gan, pes 2015 cuma copy dsound.dll doang udah bisa.

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin1 year ago

      Sip gan semoga bermanfaat 😀

      Reply
  2. author

    Amir1 year ago

    gan dxcpl passwordnya apa?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin1 year ago

      passwordnya udah tertera gan, yang teliti ya hehe

      Reply
  3. author

    Abduh1 year ago

    pes 2017 work gan. thanks

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin1 year ago

      Siap… hehe

      Reply
  4. author

    REGINALD ALVIN12 months ago

    Makasih yaa gan :)) Sekarang VGA di SETTING pes nya Nggak Bad Lagi :d
    Info buat yang pake PES 15, yang di copy Dsound.dll aja, Kalo semuanya di copy di PES nya bakalan Stop Working, Laptop ane ACER ASPIRE V5-471G 4GB RAM NVIDIA 620M INTEL HD 3000. Work cara diatas.

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin12 months ago

      Sama2 gan. terimakasih atas infonya

      Reply
  5. author

    FANDRI HARDIAN12 months ago

    thanks bgt (h)

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin12 months ago

      sama2 gan

      Reply
  6. author

    Thoriq12 months ago

    tetep tidak bisa gan, GPU saya Nvidia Geforce 820M, saya cek di CPU-Z yang ke detect cuma Intel HD graphics nya doang, gimana gan ada solusinya gak? apa harus update driver?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin12 months ago

      Coba driver nvidia di instal dulu gan, kalo masih belum bisa coba update driver nvidia terbaru. Semoga berhasil

      Reply
  7. author

    Nofri Ganenko12 months ago

    Terimakasih yang sebanyak banyaknya gan, sukses 100%

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin12 months ago

      Sama2 gan hehe

      Reply
  8. author

    dani11 months ago

    gan kalo ram nya unable gimana?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin11 months ago

      ram nya berapa gb gan? untuk pes berapa?
      pastikan spesifikasi telah memenuhi, kalo udah memenuhi coba cek di sistem yang terdeteksi berapa gb?

      Reply
  9. author

    Christian Tamba11 months ago

    saya ram nya juga unable bro
    ram 8 GB
    pes 2018
    yang terbaca di specification pes 2018 7GB RAM
    saya capek cari di google tapi gad yang review masalah ini bro
    kenapa ya?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin11 months ago

      spesifikasi minimum pes 18 adalah ram 8 gb gan, nah coba cek pake cpu-z atau speccy untuk mengecek spesifikasi pc anda secara lengkap.

      Reply
  10. author

    Fs#A11 months ago

    gan, kalo cpu nya unable untuk PES 2018 knp ya? processor AMD clockspeed 2,5Ghz padahal. Untuk VGA dan RAM ga ada masalah padahal?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin11 months ago

      coba driver chipsetnya di instal gan,

      Reply
  11. author

    Putra10 months ago

    gan.. utk pes 18 bisa ram 6gb?
    soalnya banyak tutor bisa main pes18 dgn ram 6 gb
    namun di setting ram saya n/a
    mohon bantu gan

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin10 months ago

      saya rasa tidak bisa, karena dari situs resminya minimal ram adalah 8 GB. Kalopun bisa dipaksakan tentu sangat kasian terhadap kinerja komputer/laptopnya..

      Reply
  12. author

    Wahyu Reskyanto10 months ago

    gan saya gabisa pas menggunakan dxpcl padahal sudah mengikuti prosedur tetapi tetap unable GPU saya

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin10 months ago

      Pastikan spesifikasi terpenuhi gan, untuk pes berapa?

      Reply
  13. author

    Yogs10 months ago

    Gan punya saya core i5,dan nvidia 820, tapi kenapa masih bad cpu nya, tru ngelag juga, tolong solusiny gan

    Reply
  14. author

    dimas9 months ago

    gan CPU sama GPU keterangan nya BAD
    intel core i5
    nvidia 720m
    itu gimana ya?
    pes 2017

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin9 months ago

      seharusnya tidak apa-apa gan selama tidak unable otomatis sudah terbaca atau terdeteksi dan siap untuk digunakan, Mungkin clock cpu yang kurang. Kalo vga dual biasanya tetep bad gan

      Reply
  15. author

    trio9 months ago

    gan ram 4gb sebenernya game bisa running tapi pas liat di setting dan spec seluruhnya unable dan berwarna merah. kalo dipaksain untuk tetap di mainkan gmna gan. thanks

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin9 months ago

      Dari pes 18 sendiri sudah memberikan spesifikasi gan tentunya bukan ngawur ngasihnya melainkan sudah di ujicoba terlebih dahulu. Baik spek yang di rekomendasi maupun spek minimum sama-sama mensyaratkan ram 8 gb gan. Kalo dipaksakan ya silahkan gan, belum tau efeknya. hehe

      Reply
  16. author

    amir8 months ago

    gan, ane masa ram 8gb tapi di setting terbacanya cuma 7gb. gimana solusinya gan?

    Reply
    • author

      Noval6 months ago

      Ane juga sama berharap bisa di balas oleh admin

      Reply
      • author
        Author

        Khoirul Muttaqiin6 months ago

        cek pada computer – properties, cek juga dxdiag, kalo mau pake aplikasi bisa coba cpu-z atau speccy.

        Reply
  17. author

    eko8 months ago

    gan apa efek dari cpu tidak unable pada pes 2017? tolong pencerahannya soalnya game ane sudah bisa kebuka tapi untuk pte patch nya tidak bisa dan tidak bisa setting dpfile nya

    Reply
  18. author

    SIR2988 months ago

    Min, saya sudah coba menggunakan dxcpl, tapi yang terjadi malah tambah buruk Min, Vram yang sebelumnya 128 berubah menjadi 0, itu kira” kenapa ya Min?

    Reply
  19. author

    Zun8 months ago

    Gan knp Pas mau download dxvga atau dxcpl eror, apakah harus mematikan dulu antivirus baru bisa?

    Reply
  20. author

    gemboks8 months ago

    gan punya saya kan pake dual vga intel dan radeon tapi kok radeon nya nggak dettect…

    mohon pencerahanya

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin8 months ago

      tapi yang intel kedetect apa unable gan?

      Reply
  21. author

    rachmat7 months ago

    klo udh crash gmna..? udh gk bsa buka PES nya..

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin7 months ago

      Kalo udah crash di instal lagi pesnya gan.

      Reply
  22. author

    Gundul5 months ago

    gan kalo misalkan vramnya 976MB tapi tulisannya ok itu kok gk bisa gan dan cara nambah vramnya gmna gan ?

    Reply
  23. author

    sam Ad5 months ago

    bang , minta nope w.a nya hehe. butuh bantuan untuk PES 2017 saya setiap kali saya mainkan selalu LAG lemot sama CPU menjadi 100 persen/panas bgt. udah tak cariin cara berkali2 tapi tetep gagal bang.. mohon banyuannya bang!!

    Reply
  24. author

    Satria5 months ago

    Bro , download DXVGA nya Error 401

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin5 months ago

      maaf baru sempet on. Sudah diperbaiki.

      Reply
  25. author

    Dhafi5 months ago

    Gan ane malah processor nya yang N/A gimana nih?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin5 months ago

      instal chipset terbaru. Pastikan spesifikasi terpenuhi.
      maaf baru sempet on. Sudah diperbaiki.

      Reply
  26. author

    irsad5 months ago

    Bang kok sama aja ya GPU sma VRAM nya tetep n/a
    windows 7 32 bit

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin5 months ago

      pasti itu. spek tidak memenuhi. meskipun ramnya 16GB kalo pake windows 32 bit ram yang terbaca maksimal cuma 3GB (dibawah spek)

      Reply
  27. author

    irsad5 months ago

    Link nya error bang yang menggunakan diretc x vga

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin5 months ago

      maaf baru sempet on. Sudah diperbaiki.

      Reply
  28. author

    rio4 months ago

    kok saya gabisa ngedownloadnya ya bang? yg harus sign pake email itu. berikan pencerahan bang

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin4 months ago

      betul gan, jadi link saya itu servernya di googledrive.
      yg download harus login dulu, ntr file saya otomatis dicopy di google anda, kemudian file yang anda download adalah file yang ada di google anda sendiri.
      untuk menghindari link rusak gan,
      Nanti kalo sempet tak buatkan tutorial cara downloadnya. Kemaren sempet error jadi harus manual validasinya. 😀 mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

      Reply
  29. author

    Brig4 months ago

    Ane pakai pes 2017 smua tahapan sdh dilakukan benar memang pada vga berubah mnjadi good tetapi ga mmpengaruhi game playnya terkadang lambat gameplaynya mungkin ada yg tahu atau admin bisa mngatasinya, terima kasih

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin4 months ago

      harusnya tidak ada masalah. pastikan semua spesifikasi telah terpenuhi baik processor ram & vga. coba setting bagian vga menjadi high untuk gamenya.

      Reply
  30. author

    Widi4 months ago

    gan kok gpu saya tetap unable di pes 2018?
    padahal udah ngikutin cara yg make dxcpl

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin4 months ago

      sertakan spesifikasinya gan.

      Reply
  31. author

    irfan4 months ago

    bang kok gak bisa di download ya,
    tulisannya aplikasi ini di nonaktifkan sementara oleh google,
    tidak bisa masuk dengan akun google

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin3 months ago

      wkwk maaf gan, lama gak cek situs. Sudah aktif, mau nyoba didaftarkan ke google biar awet.

      Reply
  32. author

    Arddian3 months ago

    yah gan, saya pake vga intel tunggal ingin main pes2018. tapi gpu nya selalu unable. ada solusi engga ya ?

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin3 months ago

      egk ada gan, speknya emang harus memenuhi dulu. Kalo masih ada kendala baru dicoba-coba cara yang lain. 🙂

      Reply
      • author

        Arddian3 months ago

        spek yang harus ditambahin apa ya ? saya harus tambahin vga gpu lagi dan kira kira apa modelnya ? terima kasih

        Reply
  33. author

    Ichsan2 months ago

    gan saya punya masalah dengan FPS drop waktu maen PES 2018, spek laptop saya Asus ROG GL553VD, awal saya install PES2018 aman aman aja,lancar jaya,selang 4 bulan,setelah saya install ulang windows 10 ni laptop dan update ke windows 10 1803,jadi lag dan FPS drop parah. Saya coba install ulang lagi windows 10nya ke seri 1607,tapi masih drop FPS juga. kira kira apa penyebabnya y gan? saya sudah bawa juga ke ASUS Service Center tapi ga ada solusi. Mudahan agan punya solusi dan pencerahannya. Terimakasih.

    Reply
    • author
      Author

      Khoirul Muttaqiin2 months ago

      Coba instal driver vga terbaru gan,

      Reply
  34. author

    Luthvi Fatahillah2 weeks ago

    Mantap gan bermanfaat work 100000%

    Reply

Leave a reply "Mengatasi VGA GPU dan VRAM Unable Tidak Terdeteksi pada Game PES 2018"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top